Analisis Karakteristik Pasien terhadap Kepuasan Pelayanan Bidan pada Masa Pandemi Covid-19 di Ruang KIA
DOI:
https://doi.org/10.37160/mijournal.v20i1.58Keywords:
Bidan, Kepuasan, Pandemi Covid-19, PelayananAbstract
Latar Belakang: Selama pandemi covid-19, pelayanan kebidanan harus berjalan secara optimal, aman bagi pasien dan bidan dengan panduan penanganan covid atau protokol kesehatan. Pelayanan bidan yang efektif dan efisien kepada pasien merupakan upaya penerapan bagian manajemen Puskesmas yang baik dengan orientasi pada mutu pelayanan bagi masyarakat.. Tujuan: Menganalisis karakteristik pasien terhadap kepuasan pelayanan bidan pada masa pandemi covid-19 di Ruang KIA Puskesmas Alalak Selatan. Metode: Pendekatan cross-sectional, Waktu penelitian dari 11 Januari hingga 5 Februari 2022. Responden berjumlah 30 orang. Teknik pengambilan sampel menggunakan accidental sampling. Analisis bivariat menggunakan uji Kendal’s Tau-b.. Hasil: Hasil analisis univariat yaitu 76,7% responden sangat puas dan 23,3% kategori puas. Karakteristik responden berdasarkan paritas multipara sebesar 60% dan primpara 40. Pekerjaan pada kategori tidak bekerja (70%) dan bekerja (70%). Hasil analisis bivariat didapatkan bahwa tidak ada hubungan antara paritas maupun pekerjaan terhadap kepuasan pasien pada pelayanan bidan masa pandemi Covid-19 di Ruang KIA Puskesmas Alalak Selatan (Paritas p value = 0,862; pekerjaan p value = 0,308). Kesimpulan: Pasien yang mendapatkan pelayanan bidan dengan protokol covid-19 di masa pandemi sebagian besar menyatakan sangat puas terhadap pelayanan kebidanan yang sudah diberikan oleh bidan. Hal ini tidak berhubungan dengan karakteristik pasien (paritas atau pekerjaan). Kualitas pelayanan dapat ditingkatkan untuk memberikan pelayanan yang semakin berkualitas kepada masyarakat.
Downloads
References
Apriana, W., Friscila, I., & Kabuhung, E. I. (2021). Hubungan Pengetahuan dan Akses Informasi dengan Tingkat Kecemasan tentang Kehamilan Selama Masa Pandemi Covid-19 pada Ibu Hamil di Wilayah Kerja Poskesdes Mantangai Tengah Kabupaten Kapuas. Proceeding Of Sari Mulia University Midwifery National Seminars. https://ocs.unism.ac.id/index.php/PROBID/article/view/701
Azizah, N. (2022). Kepuasan Ibu Hamil terhadap peran Bidan dalam Pelayanan Antenatal Care di Masa Pandemi. Journal for Quality in Women’s Health, 5(1), 76–81. https://www.jqwh.org/index.php/JQWH/article/view/148
Christy, J. D. (2018). Tingkat Kepuasan Ibu bersalin berdasarkan Umur, Paritas, Pendidika terhadap Pelayanan Kebidanan. Midwifery Journal of Akbid Griya Husada Surabaya, 5(2), 77–83. http://griyahusada.id/journal/index.php/midwifery/article/view/80
Damayanti, E., Darojah, H., Friscila, I., Hasanah, S. N., Fitriani, A., & Tanzilal, S. N. (2022). Intranatal Care and Independent Postpartum Isolation for Covid 19 Positive Patients at the Tamban Public Health Center: A Case Study. http://ir.lib.ypu.edu.tw/ir/bitstream/310904600Q/19837/2/A8-5.pdf
Dipan, R. (2016). Kualitas Pelayanan Pada Pos Kesehatan Desa (Poskesdes) Kecamatan Aertembaga Kota Bitung. Jurnal Ilmu Sosial Pengelolaan Sumberdaya Pembangunan Edisi XX (Januari-Februari 2016) Volume 2, 2(20). https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/jurnalilmiahsociety/article/view/12427
Fatrida, D., & Saputra, A. (2019). Hubungan Waktu Tunggu dengan Tingkat Kepuasan Pasien dalam Mendapatkan Pelayanan Kesehatan. Jurnal ’Aisyiyah Medika, 4(1), 11–21. https://doi.org/10.36729/jam.v4i1.229
Friscila, I. (2012). Gambaran Stara Posyandu Dengan Kinerja Posyandu di Wilayah Kecamatan Banjarmasin Timur Tahun 2012 [DIII Kebidanan Sari Mulia]. http://repository.unism.ac.id/id/eprint/1349
Friscila, I. (2020). Gambaran Karakteristik Mahasiswa Praktik Klinik Kebidanan I. Dinamika Kesehatan: Jurnal Kebidanan Dan Keperawatan, 11(1), 440–446. https://ojs.dinamikakesehatan.unism.ac.id/index.php/dksm/article/download/702/502
Friscila, I., Achadiyani, A., & Sutedja, E. (2020). Corrrelation of Clinical Instructors’ Characteristics to Students’ Clinical Skills Score in a Midwifery School. Jurnal Pendidikan Kedokteran Indonesia: The Indonesian Journal of Medical Education, 9(2). https://doi.org/10.22146/jpki.47221
Hasmalawati, N., & Resta, W. P. D. (2017). Hubungan Kualitas Kehidupan Kerja terhadap Motivasi kerja Karyawan di Puskesmas Paya Bakong Aceh Utara. Jurnal Sains Psikologi, 6(2). https://doi.org/10.17977/um023v6i22017p064
Ismuntania. (2020). Hubungan Layanan Keperawatan dengan Tingkat Kepuasan Pasien di Ruang Rawat Penyakit Dalam Wanita RSUD Tgk. Abdullah Syafi’i Beureunuen Kabupaten Pidie 2020. Journal Unigha, 2(2). http://journal.unigha.ac.id/index.php/JRR/article/view/180
Lilik, N. I. S., & Budiono, I. (2021). Mutu Pelayanan Kesehatan Setelah Persalinan Yang Berhubungan Dengan Kepuasan Pelayanan Ibu Nifas. Indonesian Journal of Public Health and Nutrition, 1(1), 282–290. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/IJPHN/article/download/45446/19537
Lilis, D. N. (2019). Faktor yang Berhubungan dengan Kepuasan Pelayanan ANC di Bidan Desa Kungkai. Jambura Journal of Health Sciences and Research, 1(1), 13–19. https://doi.org/10.35971/jjhsr.v1i1.1761
Mahfuddin, H. (2015). Analisis Pengaruh Kompetensi Teknis, Standar Kerja Bidan, Sarana dan Prasarana terhadap Kualitas Pelayanan Antenatal oleh Bidan dan Dampaknya terhadap Kepuasan Pasien di Puskesmas Wilayah Kerja Dinas Kesehatan Kabupaten Tanah Bumbu Provinsi Kalimantan Sel [STIE Indonesia Banjarmasin]. http://eprints.stiei-kayutangi-bjm.ac.id/863/
Merben, O., & Hartono, R. K. (2022). Kepatuhan Bidan terhadap Pelaksanaan Standar Pelayanan Antenatal Era Pandemi Covid-19 Prabumulih Timu. Jurnal Ilmiah Kebidanan (The Journal Of Midwifery), 10(1), 22–32. http://ejournal.poltekkes-denpasar.ac.id/index.php/JIK/article/view/1786
Murti, N. H., Widjanarko, B., & Rahfiludin, M. Z. (2018). Analisis Faktor Yang Berhubungan dengan Kepuasan Ibu Hamil terhadap Kualitas Pelayanan Kelas Ibu Hamil di Kota Semarang. Jurnal Manajemen Kesehatan Indonesia, 6(2), 121–131. https://doi.org/10.14710/jmki.6.2.2018.121-131
Napirah, M. R., Rahman, A., & Tony, A. (2016). Faktor-Faktor yang Berhubungan dengan Pemanfaatan Pelayanan Kesehatan di Wilayah Kerja Puskesmas Tambarana Kecamatan Poso Pesisir Utara Kabupaten Poso. Jurnal Pengembangan Kota, 4(1). https://doi.org/10.14710/jpk.4.1.29-39
Nurdiana, N., Daswati, D., & Rahmawati, M. (2022). Analisis Pelaksanaan Program Antenatal Terpadu pada Masa Pandemi COVID-19 di Puskesmas Tamamaung Kota Makassar. Jurnal Kesehatan Terpadu (Integrated Health Journal), 13(1), 38–52. https://www.jurnalpoltekkesmaluku.com/index.php/JKT/article/view/216
Nurjasmi, E. (2020). Situasi Pelayanan Kebidanan pada Masa Pandemi COVID-19 dan Memasuki Era New Normal, Webinar in 2020. In Ibi.or.Id. https://www.ibi.or.id/media/Materi Webinar IBI - USAID Jalin Covid19/Seri 5 - 10 Juni 2020/PDF 1 Emi 10 Juni USAID Jalin SITUASI PELAYANAN KB PADA MASA PANDEMI COVID-19 %26 ERA NEW NORMAL -compressed.pdf
Pradani, N. N. W., & Kurniasari, C. V. (2018). Hubungan Paritas, Umur dan Pendidikan dengan Kunjungan Nifas. OKSITOSIN : Jurnal Ilmiah Kebidanan, 5(2), 67–78. https://doi.org/10.35316/oksitosin.v5i2.346
Priyanti, S., Irawati, D., & Syalfina, A. D. (2020). Frekuensi dan Faktor Risiko Kunjungan Antenatal Care. Jurnal Ilmiah Kebidanan (Scientific Journal of Midwifery), 6(1), 1–9. https://doi.org/10.33023/jikeb.v6i1.564
Ramadhan, F., Muhafidin, D., & Miradhia, D. (2021). Kualitas Pelayanan Kesehatan Puskesmas Ibun Kabupaten Bandung. JANE - Jurnal Administrasi Negara, 12(2). http://jurnal.unpad.ac.id/jane/article/view/28684
Riandi, R., & Yuliawati, R. (2018). Hubungan mutu pelayanan kesehatan dengan kepuasan pasien rawat jalan di Puskesmas Wonorejo Samarinda Tahun 2018. In Program Studi Ilmu Kesehatan Masyarakat Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur. https://dspace.umkt.ac.id//handle/463.2017/845
Rizal, A., & Jalpi, A. (2018). Analisis Faktor Internal Penentu Kepuasan Pasien Puskesmas Kota Banjarmasin. AL-ULUM: JJurnal Sains Dan Teknologi, 4(1), 1–6. https://ojs.uniska-bjm.ac.id/index.php/JST/article/view/1553
Santoni, I., & Mardijanto, S. (2016). Hubungan Mutu Pelayanan Keperawatan Dengan Kepuasan Pasien Yang Dirawat Di Ruang Rawat Inap Puskesmas Mumbulsari Jember. Jurnal Kesehatan Dr. Soebandi, 4(2), 250–260. http://journal.uds.ac.id/index.php/jkds/article/view/71
Susilawati, D., Sari, E. P. P., & Nilakesuma, N. F. (2018). Faktor - Faktor yang Berhubungan dengan Indeks Prestasi Kumulatif Mahasiswa Tingkat I dan II DIII Kebidanan Stikes Mercubaktijaya Padang Tahun 2018. Jurnal Kesehatan Panca Bhakti Lampung, 6(2), 84–93.
Ulumiyah, N. H. (2018). Meningkatkan Mutu Pelayanan Kesehatan dengan Penerapan Upaya Keselamatan Pasien di Puskesmas. Jurnal Administrasi Kesehatan Indonesia, 6(2), 149–155. https://doi.org/10.20473/jaki.v6i2.2018.149-155
Yulida, H. (2019). Pengaruh Kepemimpinan Sumber Daya dan Supervisi terhadap Kinerja Bidan dalam Pelayanan Antenatal Care di Puskesmas Kabupaten Gowa [Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar]. http://repositori.uin-alauddin.ac.id/id/eprint/16332
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Wilanda Apriana, Ika Friscila; Siti Noor Hasanah; Muhammad Arief Wijaksono, Tati Herawaty; Sarah Nabila, Anis Dwi Winarti; Rif’ah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.