Rekonstruksi Sipesanpos Bina Karya
DOI:
https://doi.org/10.37160/mijournal.v20i1.379Keywords:
posyandu remaja, application, waterfall, pesan GERMASAbstract
Masalah utama dalam pengembangan system informasi adalah ketidakkonsistenan pengembang/perancang. Seringkali tahapan terhenti sampai evaluasi, bahkan hanya sampai perancangan dan uji cobaa. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dan disajikan dalam bentuk naratif menggambarkan persepsi pengguna terhadap aplikasi melalui metode pengembangan system informasi waterfall. Variabel yang akan diteliti meliputi 7 variabel, yaitu : 1). Variabel persepsi pengguna terhadap rekonstruksi rancangan display, 2). Variabel persepsi Pengguna terhadap Rekonstruksi Rancangan aplikasi user friendly untuk penyampaian notifikasi (pesan), 3). Variabel persepsi Kemudahan Penggunaan (Perceived Ease of Use) setelah aplikasi direkonstruksi, 4). Variabel persepsi kebermanfaatan penggunaan (Perceived Usefullness) setelah aplikasi direkonstruksi, 5). Variabel sikap kegunaan (Attitude toward Using) setelah aplikasi direkonstruksi, 6). Variabel niat perilaku (Behavioral Interntion) setelah aplikasi direkonstruksi, dan 7). Variabel minat Penggunaan (Actual System Use) setelah aplikasi direkonstruksi. Hasil penelitian menunjukkkan 5% responden menilai adanya perbaikan terhadap display aplikasi SIPESANPOS, yaitu display conten aplikasi pada menu pemberitahuan push dan 95% responden menjawab tidak perlu perbaikan. 100% responden menilai tidak perlu perbaikan terhadap aplikasi user friendly untuk menyampaikan notifikasi pesan pada aplikasi SIPESANPOS, 100% responden menyatakan sikap positif terhadap kemudahan penggunaan aplikasi, 100% responden menyatakan sangat setuju bahwa aplikasi SIPESANPUS bermanfaat untuk meningkatkan kinerja, 100% responden menyatakan sikap positif terhadap persepsi kegunaan aplikasi, 100% responden menyatakan sangat setuju memiliki niat menggunakan aplikasi SIPESANPOS, 100% responden menyatakan berminat menggunakan aplikasi SIPESANPOS. Kesimpulan penelitian ini adalah diperolehnya persepsi kemudahan penggunaan (Perceived Ease of Use), persepsi kegunaan (Perceived Usefullness), sikap kegunaan (Attitude toward Using), niat perilaku (Behavioral Interntion), minat Penggunaan (Actual System Use) terhadap aplikasi
Downloads
References
Andriani, Ria, Arief Setyanto, and Asro Nasiri. 2020. “Evaluasi Sistem Informasi Menggunakan Technology Acceptance Model Dengan Penambahan Variabel Eksternal.” Jurnal Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer 7(3):531. doi: 10.25126/jtiik.202073850.
Azkiya, Rahmatul Situ; Labibah. 2023. “Analisis Penerimaan Aplikasi IKalsel Menggunakan Teori Technology Acceptance Model (TAM).” Jurnal Perpustakaan 14(1):21–31. doi: 10.20885/unilib.Vol14.iss1.art3.
Hanggono, Aditya Arie, Siti Ragil Handayani, and Heru Susilo. 2015. “Analisis Atas Praktek TAM Dalam Mendukung Bisnis Online Dengan Memanfaatkan.” Jurnal Administrasi Bisnis 26(1):1–9.
Irawati, Tri, Elistya Rimawati, and Nayu Ariloka Pramesti. 2020. “Penggunaan Metode Technology Acceptance Model (TAM) Dalam Analisis Sistem Informasi Alista (Application Of Logistic And Supply Telkom Akses).” Journal Accounting Information Systems and Information Technology Business Enterprise 4(2):106–20. doi: 10.34010/aisthebest.v4i02.2257.
Jenderal Direktoral Kesehatan Masyarakat. 2018. Petunjuk Teknis Penyelenggaran Posyandu Remaja. Jakarta: Kementerian Kesehatan RI.
Natalia Tangke. 2004. “Analisa Penerimaan Penerapan Teknik Audit Berbantuan Komputer (Tabk) Dengan Menggunakan Technology Acceptance Model (Tam) Pada Badan Pemeriksa Keuangan (Bpk) Ri.” Jurnal Akuntansi Dan Keuangan 6(1):10–28.
Ricandika, Agung Febri; Suharso, Wiwik; Umilasari, Reni. 2018. “Evaluasi Penerimaan Aplikasi Instagram Sebagai Sarana Jual Beli Online Shop Menggunakan Metode Technology Acceptance Model (Tam).” Jurnal Universitas Jember 1(1):89.
Utami dan Andeka Rocky Tanaamah, Putri. 2017. “Evaluasi Implementasi Sistem Informasi Manajemen Administrasi Desa (SMARD) Menggunakan Technology Acceptance Model (TAM).” Seminar Nasional Sistem Informasi Indonesia 6(November):173–84.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Dinosumaryono; Ismiati
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.