HUBUNGAN MUTU PELAYANAN KESEHATAN GIGI DAN MULUT DENGAN MINAT BEROBAT KEMBALI PASIEN BPJS DAN NON BPJS MELALUI TINGKAT KEPUASAN PASIEN DI POLI GIGI PUSKESMAS TINEWATI KABUPATEN TASIKMALAYA
DOI:
https://doi.org/10.37160/jikg.v5i3.555Keywords:
Mutu Pelayanan, Kepuasan PasienAbstract
Latar Belakang: Mutu pelayanan kesehatan merupakan standarisasi pelayanan ideal yang harus diberikan oleh tenaga kesahatan, guna mendapat perbandingan yang setara berupa kepuasan pasien. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan antara mutu pelayanan kesehatan gigi dan mulut dengan minat berobat kembali pasien BPJS dan Non BPJS melalui tingkat kepuasan pasien di Puskesmas Tinewati Kabupaten Tasikmalaya. Metode: menggunakan survey analitik dengan pendekatan cross sectional study. Pelaksanaan penelitian di Puskesmas Tinewati pada tanggal 12 April -19 April 2023. Jumlah sampel sebanyak 30 orang dengan menggunakan teknik quota sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner. Uji statistic yang digunakan untuk menganalisis hubungan antara variabel menggunakan uji Correlation Spearman’s rho. Hasil penelitian mutu pelayanan kesehatan gigi dan mulut yaitu kriteria sangat baik (84,8%), hasil penelitian tinngkat kepuasan pasien yaitu kriteria Puas (73,3%), serta hasil minat berobat kembali yakni (100%). Hasil: Uji statistic diperoleh nilai p value: 0,000 (<0,05) dengan korelaso koefisien: 0,610. Kesimpulan: Terdapat hubungan signifikan yang kuat searah antara variabel mutu pelayanan kesehatan gigi dan mulut terhadap minat berobat kembali pasien BPJS dan Non BPJS di Puskesmas Tinewati Kabupaten Singaparna pasien BPJS dan Non BPJS di Puskesmas Tinewati Kabupaten Tasikmalaya.