Analisis Raw Input Mahasiswa Baru terhadap Hasil Luaran pada Program Studi Kebidanan

Authors

  • Lisnawati Poltekkes Kemenkes Tasikmalaya

DOI:

https://doi.org/10.37160/mijournal.v20i1.402

Keywords:

Raw input, output results

Abstract

Latar Belakang: Sistem penjaminan mutu pada Perguruan Tinggi dilakukan tidak hanya di bidang akademik, penelitian dan pengabdian masyarakat namun juga diterapkan dalam seleksi penerimaan mahasiswa baru, melalui pola seleksi yang baik, bermutu, transparan dan akuntabel. Tujuan: mengetahui pengaruh raw input terhadap hasil luaran sebagai bahan pertimbangan dalam pengambilan kebijakan sistem jalur masuk mahasiswa baru. Metode: Penelitian analitik dengan case control design. Populasi seluruh mahasiswa Kebidanan tahun lulus 2023. Jumlah sampel 36 (kasus adalah 12 dan kontrol adalah 24). Analisis univariat menggunakan distribusi frekuensi dan analisis bivariat menggunakan uji t independent. Hasil: Mahasiswa yang masuk melalui jalur PMDP memiliki IPK terendah 3,31 dan tertinggi 3,76. Mahasiswa yang masuk melalui jalur bukan PMDP memiliki IPK terendah 3,35 dan tertinggi 3,80. Mahasiswa dengan jalur masuk PMDP memiliki nilai rata-rata lebih rendah dibandingkan bukan PMDP, dengan selisih nilai rata-rata 0,06. Pada hasil analisis uji t independent menunjukkan p value 0,24 (>0,05). Kesimpulan: Tidak ada pengaruh jalur masuk (raw input) terhadap nilai akhir (IPK). Banyak faktor yang memengaruhi mahasiswa dalam mendapatkan nilai Indeks Prestasi Kumulatif, sehingga diperlukan penelitian lebih mendalam untuk menilai faktor yang paling berpengaruh terhadap nilai Indeks Prestasi Kumulatif.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ahmad, A. T., Eva Meizara Puspita, D., & Basti. (2023). Prestasi Akademik Ditinjau dari IQ dan Jalur Masuk Perguruan Tinggi Mahasiswa Psikologi Universitas Negeri Makassar.

Dahlan, M. S. (2013). Statistik Untuk Kedokteran dan Kesehatan : Deskriptif, Bivariat dan multivariat (5th ed.). Salemba Medika.

Dewi, P. A. W. A., & Setiawan, A. C. (2021). Pengaruh Jalur Penerimaan Siswa Baru (Raw Input) Dan Kinerja Guru Terhadap Motivasi Belajar Siswa Dalam Berprestasi Di SMP Negeri 1 Krian. Inspirasi Manajemen Pendidikan, 9(5), 1301–1312.

Fiqkha, Z. Z., & Nurrochmah, S. (2022). Survei Nilai Rata Rata Rapor PJOK SMA/SMK dan Prestasi Belajar Praktik Semester I dan II Mahasiswa Prodi PJKR-FIK-UM Angkatan 2019. Sport Science and Health, 4(7), 623–635.

Gasong, L. N. (2019). Analisis Pengaruh Nilai Jalur Masuk Terhadap Indeks Prestasi Kumulatif Mahasiswa Universitas Atma Jaya Yogyakarta.

Lubalu, A. Y., Ekowati, C. K., & Udil, P. A. (2022). Pengaruh Jalur Seleksi Masuk Universitas Terhadap IPK Tahun Pertama Mahasiswa Angkatan Tahun 2020 Program Studi Pendidikan Matematika FKIP Universitas Nusa Cendana. Haumeni Journal of Education, 2(1), 20–26.

Lukmanulhakim, L. (2018). Nilai Rapor Sekolah Menengah Dan Hubungannya Dengan Indeks Prestasi Komulatif Mahasiswa. Jurnal Visi Ilmu Pendidikan, 10(1), 1.

Nurhasanah, Purwati, & Ahmad, H. (2015). Pengaruh Sistem Seleksi Masuk Perguruan Tinggi Terhadap Indeks Prestasi Mahasiswa Jurusan Pendidikan Matematika Universitas Papua (UNIPA). In Prosiding Seminar Nasional (Vol. 03).

Priyougie, Haq, A., & Iriawan, S. (2019). Analisis Perbedaan Prestasi Belajar Mahasiswa Berdasarkan Seleksi Masuk Jurusan Akuntansi Politeknik Negeri Banjarmasin. Jurnal INTEKNA, 19(1), 53–59.

Sabana, E., & Muhardi. (2016). Penerapan Data Mining Untuk Memprediksi Prestasi Akademik Mahasiswa Berdasarkan Dosen, Motivasi, Kedisiplinan, Ekonomi, dan Hasil Belajar. Jurnal CoreIT, 2(2), 41–44.

Sitepu, E. (2017). Analysis of Psycology of Communication Studiens to Improve Memory SMK Immanuel Medan With How To Listen In Improving Learning Achievement. International Journal of Education and Research, 5(1), 11–26.

Sugiyono, P. D. (2022). Metode Penelitian dan pengembangan Research and Development (R&D) (S. Y. Suryandari (ed.); 5th ed.). Alfabeta.

Suwena, K. R. (2017). Jalur Penerimaan Mahasiswa Baru Bukan Penentu Prestasi Belajar Mahasiswa. Ekuitas: Jurnal Pendidikan Ekonomi, 5(2), 1–10.

Triabdi, J., Diana Alexandra, F., & Jelita, H. (2021). Hubungan Seleksi Jalur Masuk Penerimaan Mahasiswa Baru Dengan Indeks Prestasi Kumulatif (Ipk) Pada Mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Palangka Raya. Jurnal Kedokteran Universitas Palangka Raya, 9(2), 1372–1377. https://doi.org/10.37304/jkupr.v9i2.3636

Wurdiana Shinta, L. E. (2021). Perbedaan Prestasi Akademik Mahasiswa Yang Diterima Melalui Jalur PMDP dengan Uji Tulis Pada Jurusan Keperawatan Gigi Poltekkes Denpasar. Jurnal Edudikara, 2(2), 3–5.

Downloads

Published

2024-05-31

How to Cite

Lisnawati. (2024). Analisis Raw Input Mahasiswa Baru terhadap Hasil Luaran pada Program Studi Kebidanan . Media Informasi, 20(1), 16–20. https://doi.org/10.37160/mijournal.v20i1.402

Issue

Section

Articles