Edukasi Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) di PAUD Kober Miftahul Huda Tasikmalaya

Authors

  • Lina Rahmawati Rizkuloh Universitas Perjuangan
  • Susanti Universitas Perjuangan
  • Rudi Hartono Universitas Perjuangan

DOI:

https://doi.org/10.37160/ppkm.v2i2.95

Keywords:

PAUD, PHBS, penyuluhan, aplikasi android.

Abstract

PAUD Kelompok Bermain (KOBER) Miftahul Huda adalah salah satu lembaga pendidikan non formal di Kota Tasikmalaya yang menyelenggarakan pendidikan pada rentang usia pra sekolah (3-6 tahun). Salah satu permasalahan yang dihadapi oleh para siswa di PAUD adalah kurangnya kesadaran dalam Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS). Tujuan pengabdian masyarakat ini adalah untuk meningkatkan pengetahuan dan kesadaran mengenai pentingnya PHBS dengan sasaran kegiatan pengabdian adalah para siswa dan guru. Kegiatan dimulai dengan tahap persiapan, pelaksanaan dan evaluasi. Penyampaian materi dilakukan dengan cara presentasi dengan memanfaatkan teknologi audio visual serta dilengkapi dengan penyampaian bahan ajar edukasi yang dikemas dalam bentuk aplikasi berbasis android. Untuk  menunjang  kegiatan,  telah dibangun  wastafel  portabel  sebagai  sarana  cuci  tangan sehingga  PHBS  dapat  secara  aplikatif  terlakasana. Sebelum mendapatan edukasi, hasil nilai rata-rata pre-test sebesar 56,8% menunjukkan sasaran kurang mengetahui informasi tentang PHBS serta tingkat kesadaran untuk melakukannya dalam kategori rendah. Setelah mendapatkan edukasi, hasil post-test menunjukkan nilai rata-rata 95,2%. Para siswa menyadari pentingnya cara mencuci tangan pakai sabun yang baik dan benar, pentingnya makanan gizi seimbang, ciri-ciri jajanan sehat dan higienis, serta bagaimana pengelolaan sampah yang benar. Kegiatan ini diharapkan dapat dijadikan acuan untuk kegiatan pengabdian selanjutnya serta dilaksanakan lebih komprehensif dan disampaikan melalui media yang lebih inovatif.

References

Agustina, N., Chandra, C., Ariyanto, E., & Aquarista, M. F. (2021). Edukasi Usia Dini: School Based Vector Control (SBVC) dengan menggunakan Media Daur Ulang Sekam Padi di TK Mawar Kecamatan Gambut. Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 6(1), 23-32.

Ariyanti, T. (2016). Pentingnya Pendidikan Anak Usia Dini Bagi Tumbuh Kembang Anak (The Importance Of Childhood Education For Child Development. Dinamika) Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(1).

AS, A. P., Baihaqi, B., Fairus, F., & Latief, A. (2021). Edukasi Phbs Bagi Siswa Paud Melalui Desiminasi Teknologi Wastafel Portabel Di Kota Langsa. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 5(4), 1701-1712.

Astuti, A. K. (2016). Pelaksanaan Perilaku Sehat pada Anak Usia Dini di PAUD Purwomukti Desa Batur Kecamatan Getasan. Scholaria: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 6(3), 264-272.

Ihsani, I., & Santoso, M. B. (2020). Edukasi Sanitasi Lingkungan Dengan Menerapkan Perilaku Hidup Bersih Dan Sehat (Phbs) Pada Kelompok Usia Prasekolah Di Taman Asuh Anak Muslim Ar-Ridho Tasikmalaya. Prosiding Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat, 6(3), 289.

Nadrati, B., Wijayanto, W. P., & Musniati, M. (2019). Gambaran Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) Santri di Pondok Pesantren Ad Diinul Qoyyim Lombok Barat. Holistik Jurnal Kesehatan, 13(1), 1-6.

Nurhayati, R. (2020). Pendidikan Anak Usia Dini Menurut Undang–Undang No, 20 Tahun 2003 Dan Sistem Pendidikan Islam. al-Afkar, Journal For Islamic Studies, 3(2, July), 5787.

Downloads

Published

2022-11-21