Optimalisasi Implementasi Aplikasi Mobile JKN Fitur Antrian Online di Puskesmas Kesunean
Keywords:
Implementasi, Aplikasi Mobile JKN, Online, AntrianAbstract
Aplikasi JKN Mobile BPJS merupakan solusi inovatif yang dirancang untuk meningkatkan penyediaan layanan kesehatan di Indonesia. Salah satu fitur utamanya adalah sistem manajemen antrean online, yang bertujuan untuk mengefisienkan pendaftaran pasien dan mengurangi waktu tunggu di fasilitas kesehatan. Menurut data pengguna antrian online di Puskesmas Kesunean, Pasien BPJS yang menggunakan fitur itu baru 4% dari total pasien yang berkunjung di Puskesmas. Ada beberapa kendala pada saat implementasi Aplikasi Mobile JKN terutama fitur antrian online salah satunya adalah kurangnya sosialisasi serta kesulitan pada penggunaan aplikasinya. Tujuan pengabdian masyarakat ini meningkatkan jumlah pengguna fitur antrian online Aplikasi JKN di Puskesmas Kesunean. Sasaran target pada pengabdian masyarakat ini adalah pasien sejumlah 20 orang. Hasil dari pengabdian masyarakat ini meningkatnya jumlah pengguna antrian online sebanyak 23 pasien sekaligus terinstall nya aplikasi Mobile JKN dan meningkatkan pemahaman kemudahan dalam penggunaan aplikasinya. Sehingga implementasi Aplikasi Mobile JKN Fitur Antrian Online Aplikasi Mobile JKN dapat mengurangi waktu tunggu pasien, juga dapat meningkatkan transparansi dan status antrean secara langsung juga dapat meningkatkan kepuasan mereka terhadap layanan kesehatan di Puskesmas.
References
Bahri, S., Amri, A., & Siregar, A. A. (2022). Analisis Kualitas Pelayanan Aplikasi Mobile Jkn Bpjs Kesehatan Menggunakan Metode Service Quality (Servqual). Industrial Engineering Journal, 11(2). https://doi.org/10.53912/iej.v11i2.837
Fahrizandi, F. (2020). Pemanfaatan Teknologi Informasi di Perpustakaan. Tik Ilmeu : Jurnal Ilmu Perpustakaan Dan Informasi, 4(1), 63. https://doi.org/10.29240/tik.v4i1.1160
Hadiyoso, S., Alfaruq, A., Hariyani, Y. S., Rizal, A., & Riza, T. A. (2021). Design and Implementation of a Registration System with Mobile Application at Public Health Center Based on IoT Using a RESTful API. In Lecture Notes in Electrical Engineering: Vol. 746 LNEE (pp. 15–27). https://doi.org/10.1007/978-981-33-6926-9_2
Herlinawati, Banowati, L., & Revilia, D. (2021). Tingkat Kepuasan Masyarakat Terhadap Pendaftaran Online Pada Aplikasi Mobile JKN. Health Care : Jurnal Kesehatan, 10(1), 78–84. https://doi.org/10.36763/healthcare.v10i1.114
Kusumawardhani, O. B., Octaviana, A., & Supitra, Y. M. (2022). Efektivitas Mobile JKN Bagi Masyarakat : Literature Review. Prosiding Seminar Informasi Kesehatan Nasional (SIKesNas), 64–69. https://ojs.udb.ac.id/index.php/sikenas/article/view/1665
Luthfia, A., & . H. (2018). Analisis Faktor Kepesertaan Program Jaminan Kesehatan Nasional Di Desa Pasireurih. Hearty, 6(2). https://doi.org/10.32832/hearty.v6i2.1274
Renaningtias, N., & Apriliani, D. (2021). Penerapan Metode Prototype Pada Pengembangan Sistem Informasi Tugas Akhir Mahasiswa. Rekursif: Jurnal Informatika, 9(1). https://doi.org/10.33369/rekursif.v9i1.15772
Soman, S., Rai, S., Ranjan, P., Cheema, A. S., & Srivastava, P. K. (2020). Mobile-Augmented Smart Queue Management System for Hospitals. 2020 IEEE 33rd International Symposium on Computer-Based Medical Systems (CBMS), 2020-July, 421–426. https://doi.org/10.1109/CBMS49503.2020.00086
Suhadi, S. (2022). Dampak Penggunaan Aplikasi Mobile Jkn Terhadap Pelayanan Bpjs. Jurnal Kesehatan, 15(1), 11–23. https://doi.org/10.23917/jk.v15i1.15977
Totok Sundoro. (2023). Sosialisasi Pemanfaatan Apliaksi Mobile JKN Pada Hikmayo Jurnal Pengabdian Masyarakat. HIKMAYO : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(1), 28–42.