Optimalisasi Implementasi Aplikasi Mobile JKN Fitur Antrian Online di Puskesmas Kesunean

Authors

  • Lina Khasanah Poltekkes Kemenkes Tasikmalaya
  • Elfi Poltekkes Kemenkes Tasikmalaya
  • Maula Ismail Muhamad Poltekkes Kemenkes Tasikmalaya
  • Yanto Haryanto Poltekkes Kemenkes Tasikmalaya
  • Fitria Dewi Rahmawati Poltekkes Kemenkes Tasikmalaya

Keywords:

Implementasi, Aplikasi Mobile JKN, Online, Antrian

Abstract

Aplikasi JKN Mobile BPJS merupakan solusi inovatif yang dirancang untuk meningkatkan penyediaan layanan kesehatan di Indonesia. Salah satu fitur utamanya adalah sistem manajemen antrean online, yang bertujuan untuk mengefisienkan pendaftaran pasien dan mengurangi waktu tunggu di fasilitas kesehatan. Menurut data pengguna antrian online di Puskesmas Kesunean, Pasien BPJS yang menggunakan fitur itu baru 4% dari total pasien yang berkunjung di Puskesmas. Ada beberapa kendala pada saat implementasi Aplikasi Mobile JKN terutama fitur antrian online salah satunya adalah kurangnya sosialisasi serta kesulitan pada penggunaan aplikasinya. Tujuan pengabdian masyarakat ini meningkatkan jumlah pengguna fitur antrian online Aplikasi JKN di Puskesmas Kesunean. Sasaran target pada pengabdian masyarakat ini adalah pasien sejumlah 20 orang. Hasil dari pengabdian masyarakat ini meningkatnya jumlah pengguna antrian online sebanyak 23 pasien sekaligus terinstall nya aplikasi Mobile JKN dan meningkatkan pemahaman kemudahan dalam penggunaan aplikasinya. Sehingga implementasi Aplikasi Mobile JKN Fitur Antrian Online Aplikasi Mobile JKN dapat mengurangi waktu tunggu pasien, juga dapat meningkatkan transparansi dan status antrean secara langsung juga dapat meningkatkan kepuasan mereka terhadap layanan kesehatan di Puskesmas.

References

Bahri, S., Amri, A., & Siregar, A. A. (2022). Analisis Kualitas Pelayanan Aplikasi Mobile Jkn Bpjs Kesehatan Menggunakan Metode Service Quality (Servqual). Industrial Engineering Journal, 11(2). https://doi.org/10.53912/iej.v11i2.837

Fahrizandi, F. (2020). Pemanfaatan Teknologi Informasi di Perpustakaan. Tik Ilmeu : Jurnal Ilmu Perpustakaan Dan Informasi, 4(1), 63. https://doi.org/10.29240/tik.v4i1.1160

Hadiyoso, S., Alfaruq, A., Hariyani, Y. S., Rizal, A., & Riza, T. A. (2021). Design and Implementation of a Registration System with Mobile Application at Public Health Center Based on IoT Using a RESTful API. In Lecture Notes in Electrical Engineering: Vol. 746 LNEE (pp. 15–27). https://doi.org/10.1007/978-981-33-6926-9_2

Herlinawati, Banowati, L., & Revilia, D. (2021). Tingkat Kepuasan Masyarakat Terhadap Pendaftaran Online Pada Aplikasi Mobile JKN. Health Care : Jurnal Kesehatan, 10(1), 78–84. https://doi.org/10.36763/healthcare.v10i1.114

Kusumawardhani, O. B., Octaviana, A., & Supitra, Y. M. (2022). Efektivitas Mobile JKN Bagi Masyarakat : Literature Review. Prosiding Seminar Informasi Kesehatan Nasional (SIKesNas), 64–69. https://ojs.udb.ac.id/index.php/sikenas/article/view/1665

Luthfia, A., & . H. (2018). Analisis Faktor Kepesertaan Program Jaminan Kesehatan Nasional Di Desa Pasireurih. Hearty, 6(2). https://doi.org/10.32832/hearty.v6i2.1274

Renaningtias, N., & Apriliani, D. (2021). Penerapan Metode Prototype Pada Pengembangan Sistem Informasi Tugas Akhir Mahasiswa. Rekursif: Jurnal Informatika, 9(1). https://doi.org/10.33369/rekursif.v9i1.15772

Soman, S., Rai, S., Ranjan, P., Cheema, A. S., & Srivastava, P. K. (2020). Mobile-Augmented Smart Queue Management System for Hospitals. 2020 IEEE 33rd International Symposium on Computer-Based Medical Systems (CBMS), 2020-July, 421–426. https://doi.org/10.1109/CBMS49503.2020.00086

Suhadi, S. (2022). Dampak Penggunaan Aplikasi Mobile Jkn Terhadap Pelayanan Bpjs. Jurnal Kesehatan, 15(1), 11–23. https://doi.org/10.23917/jk.v15i1.15977

Totok Sundoro. (2023). Sosialisasi Pemanfaatan Apliaksi Mobile JKN Pada Hikmayo Jurnal Pengabdian Masyarakat. HIKMAYO : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(1), 28–42.

Downloads

Published

2024-12-25