SOSIALISASI PEMANFAATAN MOBILE JKN UNTUK MENINGKATKAN AKSES PELAYANAN KESEHATAN DI KECAMATAN TARAJU KABUPATEN TASIKMALAYA JAWA BARAT
DOI:
https://doi.org/10.37160/ppkm.v3i3.435Keywords:
Sosialisasi, Mobile, Jaminan Kesehatan, PemanfaatanAbstract
Jaminan kesehatan nasional merupakan program pemerintah agar seluruh penduduk Indonesia dapat mengakses fasilitas pelayanan kesehatan dengan baik. Transformasi teknologi kesehatan di Indonesia diantaranya adanya digitalisasi melalui mobile JKN untuk layanan primer dan layanan rujukan. Aplikasi mobile JKN merupakan inovasi BPJS Kesehatan dalam meningkatkan pelayanan kesehatan namun banyak masyarakat belum menggunakan aplikasi itersebut karena keterbatasan pemahaman tentang aplikasi. Sosialisasi pemanfaatan mobile JKN terhadap 28 kader menawarkan solusi untuk meningkatkan pemahaman Masyarakat di Puskesmas Taraju. Kegiatan dilakukan secara luring dengan metode ceramah, tutorial, dan tanya jawab. Diperoleh peningkatan pengetahuan kader dari 50% kategori Baik dan Cukup saat pretest menjadi 96% memiliki kategori Baik. Perubahan pengetahuan kader dicapai dengan rata-rata peningkatan nilai dari pre dan post test adalah 13%. Diperlukan kontinuitas peningkatan pengetahuan kader secara teknis untuk dapat memberikan dan menyebarkan fitur aplikasi secara tepat kepada masyarakat.
References
Andria, F. D. and Sugiarti, I. (2015) ‘Tinjauan Penyediaan Dokumen Rekam Medis Di RSUD dr. Soekardjo Kota Tasikmalaya’, Jurnal Manajemen Informasi Kesehatan Indonesia, 3(2),
pp. 51–57. doi: 10.33560/.v3i2.85.
BPS Tasikmalaya (2023). Jumlah Desa Per Kecamatan di Kabupaten Tasikmalaya 2019-2021. Badan Pusat Statistik Kabupaten Tasikmalaya. https://tasikmalayakab.bps.go.id/indicator/153/109/1/jumlah-desa-per-kecamatan- di-kabupaten-tasikmalaya.html. Tasikmalaya.
Finaka, A. W. (2019) ‘Mobile JKN, Akses Layanan Kesehatan dalam Genggaman’. Available at: https://indonesiabaik.id/infografis/mobile-jkn-akses-layanan-kesehatan-dalam- genggaman-1.
Kementerian Sekretariat Negara (2023) ‘Undang-Undang Nomor 17 Tahun 2023 tentang Kesehatan’.
Notoatmojo, S. 2013. Metode Penelitian Kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta
Nurmalasari, M. et al. (2020) ‘Analisis Sentimen terhadap Opini Masyarakat dalam Penggunaan Mobile-JKN untuk Pelayanan BPJS Kesehatan Tahun 2019’, Health Information Management Journal ISSN, 8(1), pp. 2655–9129.
Permata, W. C. and Sugiarti, I. (2017) ‘Prosedur Penerimaan Pasien Bpjs Di Tempat Pendaftaran Pasien Rawat Jalan’, Media Informasi, 13(2), pp. 36–42. doi: 10.37160/bmi.v13i2.101.
Pratama, T. A. and Sugiarti, I. (2022) ‘Aspek Plan, Do, Check dan Act pada Pengendalian Waktu Tunggu Pelayanan Pasien Rawat Jalan’, 13, pp. 1092–1096.
Wulandari, A., Sudarman and Ikhsan (2019) ‘Inovasi BPJS Kesehatan Dalam Pemberian Layanan Kepada Masyarakat: Aplikasi Mobile JKN’, Jurnal Public Policy, 5(2), pp. 98– 107.