Potensi Usaha Kecil Menengah Produk Olahan Tanaman Obat Jahe di Kahuripan Tawang Kota Tasikmalaya
DOI:
https://doi.org/10.37160/ppkm.v2i2.134Keywords:
TOGA, Jahe, UKM, Tanaman Obat, Ekonomi Masyarakat, TasikmalayaAbstract
Program Pengabdian kepada Masyarakat yang dilaksanakan merupakan hasil analisis situasi di lokasi mitra yaitu Kelurahan Kahuripan Kecamatan Tawang Kota Tasikmalaya. Permasalahan yang dirasakan mitra adalah rendahnya produktivitas secara ekonomis, padahal telah terdapat kelompok yang dibentuk warga untuk mengelola Tanaman Obat Keluarga (TOGA). Tujuan pengabdian ini adalah untuk meningkatkan produktivitas dari kelompok tersebut dengan menerapkan iptek tentang TOGA dalam hal ini tanaman jahe, pelatihan keterampilan membuat produk olahan jahe dan pembentukan Usaha Kecil Menengah (UKM) untuk memasarkan produk olahan jahe. Metode pengabdian diawali dengan penyuluhan tentang keterampilan pengolahan jahe dan pembentukan UKM, yang dilanjutkan dengan praktik membuat produk olahan jahe dan pendampingan pemasaran produk dan pembentukan UKM. Produk jahe yang dikembangkan pada pengabdian ini adalah cookies jahe. Bentuk ini lebih tahan lama, banyak diminati masyarakat, berkhasiat sebagai cemilan sehat, relaitf mudah dipasarkan, dan harga jual dapat bersaing dengan produk serupa. Tingkat pengetahuan peserta pengabdian setelah dilakukan pre-posttest didapatkan hasil bahwa tingkat pengetahuan peserta dalam pengolahan produk jahe masuk pada kategori Baik (79,21%). Kesimpulan dari pengabdian ini adalah bahwa pengeahuan peserta meningkat (23%) setelah mendapat penyuluhan. Produk jahe dapat menjadi salah satu alternatif jenis usaha peningkatan kemandirian ekonomi keluarga di Kelurahan Kahuripan.
References
Aji, A. P., Sustrami, Dya, Kirana, & Candra, S. A. (2019). Pengaruh Promosi Kesehatan Sadari Audio Visual Dengan Demonstrasi Terhadap Perilaku Remaja Sebagai Deteksi Dini Kanker Payudara Di Sman 16 Surabaya. Bali Health Published Journal, 1(2). Retrieved from https://www.ejurnalstikeskesdamudayana.ac.id/index.php/bhpj/article/view/109/57
Bell, B., Adhikari, K., Chambers, E., Alavi, S., King, S., & Haub, M. (2017). Spices in a Product Affect Emotions: A Study with an Extruded Snack Product. Foods, 6, 70.
Fitri, Y., Rahmad, A. H. Al, Suryana, & Nurbaiti. (2020). Pengaruh penyuluhan gizi tentang jajanan tradisional terhadap peningkatan pengetahuan dan perilaku jajan anak sekolah. Jurnal Action: Aceh Nutrition Journal, 5(1), 13–18. Retrieved from https://ejournal.poltekkesaceh.ac.id/index.php/an/article/view/186/147
Lestari, N., Sampepana, E., Nurlina, S., & Palupi, T. . (2007). Diversifikasi Pengolahan Jahe Menjadi Produk Awetan. Jurnal Riset Teknologi Industri, 1(1).
Maesaroh, I., & Rahmawati, R. A. (2018). Gambaran Tingkat Pengetahuan Siswa Kelas Xi Terhadap Bahaya Penyalahgunaan Obat Tramadol Di Smk “X” Di Kabupaten Kuningan. Publikasi Penelitian Terapan Dan Kebijakan, 1(1), 1–5. Retrieved from http://ejournal.sumselprov.go.id/pptk/article/view/70/29
Mutaqqin, H., Cahyadin, M., & Widiyanti, E. (2015). Pemberdayaan Usaha Jamu Jahe Instan di Kota Surakarta dan Kabupaten Sukoharjo Melalui Teknologi Pengolahan Jahe. Inotek, 19(2), 124–138.