Analisis Tingkat Kepuasan Pasien Rawat Jalan terhadap Pelayanan Farmasi Klinis di Puskesmas Bungursari Tasikmalaya

Authors

  • Gina Septiani Agustien Universitas Perjuangan Tasikmalaya
  • Eddy Suhardiana Universitas Perjuangan Tasikmalaya
  • Fahmi Sidik Universitas Perjuangan Tasikmalaya

Keywords:

Kepuasan pasien, Pelayanan kefarmasian klinis, Puskesmas Bungursari

Abstract

Instansi pelayanan kefarmasian yang berkualitas dilihat salah satunya dari tingkat kepuasan pasien. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui tingkat kepuasan pasien jangka pendek dengan pemberian obat di Puskesmas Bungursari Tasikmalaya. Metode yang digunakan bersifat deskriptif non-eksperimental dengan pengujian kebetulan, berbagai informasi menggunakan survei. Hasil penelitian menunjukkan tingkat kepuasan pasien di rawat jalan Puskesmas Bungursari Tasikmalaya pada semua aspek dengan tingkat dimana aspek penampilan (Tangible) memiliki tingkat kepuasan dengan tingkat 79,81% (puas), komponen empati (Empaty) memiliki tipikal kepuasan dengan tingkat 79,63% (puas), unsur tingkat kepuasan keandalan (Reliability) memiliki tingkat kepuasan 79,44% (puas), komponen daya tanggap (Resvonsiveness) memiliki tingkat kepuasan dengan tingkat 77,98% (puas) dan unsur kepastian (Assurance) memiliki tingkat kepuasan pasien yang khas dengan tingkat 81,46% (sangat puas).

References

Aryani, F., Husnawati., Muharni, S., Liasari, M., & Afrianti, R. (2015). Analisa Kepuasan Pasien Rawat Jalan Terhadap Kualitas Pelayanan Di Instalasi Farmasi Rumah Sakit Islam Ibnu Sina Pekanbaru. Pharmacy: Jurnal Farmasi Indonesia, 12(01), 101–112.

Biyanda Eninurkhayatun, Antono Suryoputro, E. Y. F. (2017). Analisis Tingkat Kepuasan Pasien Terhadap Kualitas Pelayanan Rawat Jalan Di Puskesmas Duren Dan Puskesmas Bergas Kabupaten Semarang Tahun 2017. Jurnal Kesehatan Masyarakat (e-Journal), 5(4), 33–42.

Bustani, N. M., Rattu, A. J., & Saerang, J. S. (2015). Analisis Lama Waktu Tunggu Pelayanan Pasien Rawat Jalan Di Balai Kesehatan Mata Masyarakat Propinsi Sulawesi Utara. e-Biomedik, 3(3).

Juwita, D. A., Arifin, H., & Perdana, J. (2019). Kajian kepuasan pasien terhadap pelayanan kefarmasian di Apotek rawat jalan RSUP DR. M. Djamil Padang. Jurnal Farmasi Higea, 11(1), 32-40.

Laeliyah, N., & Subekti, H. (2017). Waktu Tunggu Pelayanan Rawat Jalan dengan Kepuasan Pasien Terhadap Pelayanan di Rawat Jalan RSUD Kabupaten Indramayu. Jurnal Kesehatan Vokasional, 1(2), 102. https://doi.org/10.22146/jkesvo.27576

Noviana, P. (2017). Analisis Tingkat Kepuasan Pasien Rawat Jalan Terhadap Kualitas Pelayanan Instalasi Farmasi di Rsud Pare Menggunakan Metode Servqual Patients. Jurnal Wiyata, 4(2), 111–120.

Permenkes, R. I. (2019). Peraturan Menteri Kesehatan RI No 43 tahun 2019 tentang Puskesmas. Peraturan Menteri Kesehatan RI No 43 Tahun 2019 Tentang Puskesmas, Nomor, 65(879), 2004-2006.

Pohan, R. F. (2017). Pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan pasien pada Puskesmas PaI IV Pijorkoling Padangsidimpuan (Doctoral dissertation, IAIN Padangsidimpuan).

Pranatawijaya, V. H., Widiatry, W., Priskila, R., & Putra, P. B. A. A. (2019). Penerapan skala Likert dan skala dikotomi pada kuesioner online. Jurnal Sains Dan Informatika, 5(2), 128-137.

Tahir, M., & Asis, F. (2022). Evaluasi Penyimpanan Obat di Instalasi Farmasi Puskesmas Pertiwi Kota Makassar Tahun 2021. Jurnal Kesehatan Yamasi Makasar, 6(1), 83–88.

Toreh, E. E., Lolo, W. A., & Datu, O. S. (2020). Evaluasi Pelaksanaan Standar Pelayanan Minimal (Spm) Farmasi Kategori Lama Waktu Tunggu Pelayanan Resep Pasien Rawat Jalan Di Rumah Sakit Advent Manado. Pharmacon, 9(2), 318. https://doi.org/10.35799/pha.9.2020.29288.

Rohmah, A Diny. 2019. Tingkat Kepuasan Pasien Rawat Jalan Terhadap Pelayanan Kefarmasian Di Instalasi Farmasi Rumah Sakit Islam Magelang. Jurnal Fakultas Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Islam Indonesia.

Downloads

Published

2022-11-28