MENINGKATKAN PERILAKU CUCI TANGAN PAKAI SABUN PADA SD ISLAM TERPADU AL-HIJRAH MEDAN
DOI:
https://doi.org/10.37160/emass.v7i2.938Keywords:
CTPS, PHBS, Cuci Tangan, Edukasi Kesehatan, Sekolah DasarAbstract
Cuci Tangan Pakai Sabun (CTPS) merupakan salah satu pilar terkuat dalam Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS), karena mampu secara langsung mencegah penyebaran berbagai penyakit menular yang berisiko tinggi terjadi pada anak usia sekolah dasar. Kegiatan ini bertujuan untuk mengevaluasi efektivitas penyuluhan edukatif mengenai pentingnya CTPS dalam meningkatkan pengetahuan siswa kelas V di SD Islam Terpadu Al-Hijrah Medan. Penelitian menggunakan desain pre-eksperimen dengan pendekatan one group pre-test and post-test. Instrumen pengumpulan data berupa kuesioner pilihan ganda yang diberikan sebelum dan sesudah intervensi edukatif. Materi disampaikan melalui media visual seperti poster dan video animasi yang menarik dan sesuai dengan perkembangan kognitif siswa. Hasil menunjukkan peningkatan signifikan pada skor post-test dibandingkan pre-test, yang menandakan bahwa metode edukasi visual-interaktif efektif dalam meningkatkan pemahaman siswa terhadap praktik CTPS. Studi ini menegaskan bahwa penguatan kebiasaan CTPS di sekolah, sebagai bagian esensial dari PHBS, sangat penting untuk membentuk perilaku hidup sehat sejak dini.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 shafira alfiyah, Fazra Ulya S, Zalfa syahirah G, Adelia Putri M, Rapotan Hasibuan

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.










