PENGARUH LAMA PENGGUNAAN GADGET TERHADAP PERKEMBANGAN EMOSIONAL ANAK PRA SEKOLAH USIA 5-6 TAHUN DI TK AISIYAH VII DESA DUKUHMAJA KECAMATAN LURAGUNG KABUPATEN KUNINGAN TAHUN 2023

Authors

  • N Mimin Kusmiati Puskesmas Kalimanggis Kuningan
  • Yulia Herliani Poltekkes Kemenkes Tasikmalaya
  • Ir Ir Khairiyah Prapahlawanti Poltekkes Kemenkes Tasikmalaya

DOI:

https://doi.org/10.37160/arimbi.v2i1.817

Keywords:

Pengaruh gadget, durasi penggunaan gadget, dampak penggunaan gadget, perkembangan emosional anak

Abstract

Latar Belakang : Gadget hanya bisa digunakan oleh mereka dengan kemampuan instalansi dan pengunaan yang handal. Trend gadget selama ini di Indonesia diprediksi masih dipegang oleh segmen smartphone meskipun computer dan laptop masih memiliki peluang untuk berkembang, tapi rasanya masih kalah dengan perkembangan smartphone. Tujuan Penelitian : Mengidentifikasi lama penggunaan gadget pada anak pra sekolah usia 5-6 tahun di TK Aisiyah VII Desa Dukuhmaja Kecamatan Luragung Kabupaten Kuningan. Mengidentifikasi perkembangan emosional anak pra sekolah 5-6 tahun di TK Aisiyah VII Dusun Perum Griya Indah Desa Dukuhmaja Kecamatan Luragung Kabupaten Kuningan Tahun 2023. Menganalisa lama penggunaan gadget terhadap perkembangan emosi anak pra sekolah usia 5-6 tahun di TK Aisiyah VII Desa Dukuhmaja Kecamatan Luragung Kabupaten Kuningan tahun 2023. Mengetahui pengaruh penggunaan gadget terhadap perkembangan anak pra sekolah usia 5-6 tahun di TK Aisiyah VII Dusun Perum Griya Indah Desa Dukuhmaja Kecamatan Luragung Kabupaten Kuningan tahun 2023. Metode Penelitian : Jenis penelitian ini menggunakan jenis penelitian analitik korelasi dimana penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan hubungan korelasi antar variabel. Dalam penelitian ini menggunakan desain penelitian Cross Sectional adalah jenis penelitian yang menekankan waktu pengukuran/observasi data variabel independen dan dependen hanya satu kali pada satu saat. Tekhnik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah total sampling. Total sampling adalah tekhnik pengambilan sampel dimana jumlah sampel sama dengan populasi. Hasil Penelitian : Menunjukkan bahwa dari 30 anak yang di teliti sebanyak 15 anak (50,0 %) dengan katagori penggunaan gadget ( Tinggi) dan 10 (33,3%) anak dengan katagori (Sedang), dan 5 anak (16,6%) dengan katagori penggunaan gadget ( Rendah). Berdasarkan nilai hasil uji Chi-Square maka diketahui bahwa nilai p = 0.00 dimana p <α 0.05 menunjukkan bahwa ada hubungan lama penggunaan gadget dengan perkembangan emosional anak usia pra sekolah 5-6 tahun di TK Aisiyah VII Desa Dukuhmaja Kecamatan Luragung Tahun 2023. Kesimpulan : Durasi lama penggunaan gadget pada anak usia prasekolah 5-6 tahun  di TK Aisiyah VII Desa Dukuhmaja Kecamatan Luragung sebagian besar dalam kategori tinggi, dan Perkembangan emosional pada anak usia pra sekolah di TK Aisiyah VII Desa Dukuhmaja Kecamatan Luragung sebagian besar dalam kategori kemungkinan mengalami kelainan mental emosional.

References

Lalompoh, Cyrus T, Dan Kartini Ester Lalompoh. 2020. Metode Pengembangan Moral Dan Nilai-Nilai Keagamaan Bagi Anak Usia Dini. Jakarta: Grasindo.

Keputusan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nmor HK.01.07/Menkes /320/2020 Tentang Standar Profesi Bidan

Masher Riana. 2018. Emosi Anak Usia Dini dan Strategi Perkembangannya. Jakarta: Gramedia

Susanto, Ahmad. 2018. Perkembang Anak Usia Dini. Jakarta: Gramedia

Setianingsih, Ardani, A. wahyuni, & Khayati, F. noor. (2017). Dampak Penggunaan Gadget Pada Anak Usia Prasekolah Dapat Meningkatkan Resiko Gangguan Pemusatan Perhatian dan Hiperaktivitas. Universitas Lampung, XVI(2), 191–205. https://doi.org/10.30787/gaster.v16i2.297

Subagijo, Azimah. 2020. Diet dan Detoks Gadget. Jakarta: Mizan Publika.

Ratuliu Mona. 2020. Digital Palenthink. Jakart: Mizan Publika.

Nurmasari, A. (2017). Hubungan Intensitas Penggunaan Gadget Dengan Keterlambatan Perkembangan Pada Aspek Bicara Dan Bahasa Pada BalitaDikelurahan Tambakrejo Surabaya. Program Pendidikan Bidan Universitas Airlangga : Surabaya. Skripsi dipublikasikan.

Nurmalitasari, F. (2018). Perkembangan Sosial Emosi pada Anak Usia Prasekolah, 23(2), 103–111.

Sapardi, V. S. (2018). Hubungan Penggunaan Gadget Dengan Perkembangan Anak Usia Prasekolah di Paud/TK Islam Budi Mulia. Menara Ilmu, XII(80), 137–145.

Fathoni, A.R. (2018). Pengaruh Gadget Terhadap Perkembangan Anak Usia Dini. diakses pada 09 Februari 2019 pada jam 16.51 WIB

Kemenkes RI. (2017). Kesehatan dalam Kerangka Sistainable Development Goals (SDG’S). Jakarta: Kemenkes RI.

Ferliana, J. M. (2019). Anak dan Gadget Yang Penting Aturan Main. Diunduh pada 04 Maret 2019 dari http://nakita.grid.id/balita/anakdangadgetyangpenting- aturan-main?page=2

Trinika, Yulia. (2020). Pengaruh Penggunaan Gadget Terhadap Perkembangan Psikososial Anak Usia Prasekolah (3-6 tahun). Fakultas Kedokteran :Universitas Tanjungpura .

M.Hafiz, A.-A. (2017). Dampak Penggunaan Gadget pada Anak Usia Dini. Program Sarjana Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Lampung : Bandar Lampung. Skripsi dipublikasikan.

Whaley, & Wong, D. (2017). Buku Ajar Keperawatan Pediatrik, Alih Bahasa Sunarno, Agus, dkk. Jakarta: EGC.

Departemen Kesehatan RI. (2018) Profil Kesehatan Indonesia

Yusuf, Syamsu, L. ., & Sugandhi, N. (2019). Perkembangan Peserta Didik.

Setiyaningrum. E. (2017). Buku Ajar Tumbuh Kembang Anak Usia 0-12 Tahun. Sidoarjo: Indomedia Pustaka.

Ardita, V. Kadir, A & Askar, M. (2018). Deteksi perkembangan anak berdasarkan DDST di RW 1 Kelurahan Luminda Kecamatan Wara Utara Kota Palopo, 01(02).

Sujianti. (2018). Hubungan Lama Dan Fekuensi Penggunaan Gadget Dengan Perkembangan Sosial Anak Pra Sekolah Di Tk Islam Al Irsyad 01 Cilacap, 8(1), 54–65.

Desmita. (2011). Psikologi Perkembangan Peserta Didik. Bandung: PT. Remaja Rosda Karya.

Sarlito S.W. (2005). Pengantar Umum Psikologi. Jakarta: Bulan Bintang.

Rosmala, D. (2020). Berbagai Masalah Anak Taman Kank-Kanak. Jakarta: Departemen Kesehatan.

Fatimah, E. (2017). Psikologi Perkembangan: Perkembangan Peserta Didik.

Ali, N., & Yeni, R. (2019). Metode Pengembangan Sosial Emosional. Universitas Terbuka.

Sit, D. M. (2012). Perkembangan Peserta Didik. Medan: Perdana Publishing.

Departemen Ksehatan RI. (2022) Profil Kesehatan Indonesia.

Notoatmodjo, S. (2018). Metodologi Penelitian Kesehatan, Jakarta: PT Rineka Cipta

Sugiyono. (2018). Statistika Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif dan R&D. Jakarta: Alfabeta

Nursalam. (2018). Konsep Dan Penerapan Metodologi Penelitian Ilmu keperawatan. Jakarta: Salemba Medika Patmodonodewo

Riduwan.(2019). Skala Pengukuran Variabel-variabel Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Downloads

Published

2025-02-28

How to Cite

N Mimin Kusmiati, Herliani, Y. ., & Prapahlawanti, I. I. K. . (2025). PENGARUH LAMA PENGGUNAAN GADGET TERHADAP PERKEMBANGAN EMOSIONAL ANAK PRA SEKOLAH USIA 5-6 TAHUN DI TK AISIYAH VII DESA DUKUHMAJA KECAMATAN LURAGUNG KABUPATEN KUNINGAN TAHUN 2023. Asian Research Midwifery and Basic Science Journal, 2(1), 11–17. https://doi.org/10.37160/arimbi.v2i1.817

Issue

Section

Articles