PENERAPAN TERAPI STEAM INHALATION TERHADAP STATUS PERNAPASAN PADA BALITA DENGAN BRONKOPNEUMONIA DI TASIKMALAYA

Authors

  • Ferdy Ilham Prodi D3 Keperawatan Tasikmalaya Poltekkes Kemenkes Tasikmalaya
  • Novi Enis Rosuliana Prodi Sarjana Terapan Keperawatan dan Pendidikan Profesi Ners Poltekkes Kemenkes Tasikmalaya
  • Lia Herliana Prodi D3 Keperawatan Tasikmalaya Poltekkes Kemenkes Tasikmalaya
  • Dini Mariani Prodi D3 Keperawatan Tasikmalaya Poltekkes Kemenkes Tasikmalaya

DOI:

https://doi.org/10.37160/tnj.v2i02.652

Keywords:

Bronkopneumonia, Status Pernapasan, Steam Inhaltion

Abstract

Latar Belakang: Bronkopneumonia merupakan salah satu bagian dari penyakit pneumonia. Pneumonia adalah penyakit infeksi oleh bakteri, virus atau jamur yang mengakibatkan anak-anak sulit bernapas karena paru-paru merela terisi nanah dan cairan.

Tujuan: Mengetahui penerapan terapi Steam Inhalation terhadap status pernapasan pada balita dengan bronkopneumonia.  

Metode: Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan pendekatan studi kasus untuk mengeksplorasi masalah keperawatan dan teknik penyelsaian masalah klien. Penelitian ini dilakukan terhadap 2 orang anak yang mengalami bronkopneumonia.

Hasil: Kelompok intervensi mengalami perubahan perbaikan status pernapasan setelah dilakukan intervensi terapi steam inhalation.

Kesimpulan: Penerapan terapi steam inhaltion minyak kayu putih bermanfaat bagi pernapasan dan meningkatkan status respirasi pada balita sebagai terapi komplementer dalam terapi medis rumah sakit. 

Saran: Bagi orang tua yang memiliki balita dengan bronkopneumonia dapat melakukan steam inhalation di rumah dengan menggunakan alat-alat sederhana dan terjangkau oleh semua lapisan masyarakat dan tindakan ini merupakan cara alternatif untuk menurunkan frekuensi napas pada balita.

Published

2024-10-31

How to Cite

Ilham, F. ., Enis Rosuliana, N., Herliana, L., & Mariani, D. (2024). PENERAPAN TERAPI STEAM INHALATION TERHADAP STATUS PERNAPASAN PADA BALITA DENGAN BRONKOPNEUMONIA DI TASIKMALAYA. Tasikmalaya Nursing Journal, 2(02), 54–62. https://doi.org/10.37160/tnj.v2i02.652